Apa Itu Gaslighting? Inilah Tanda Jika Ada Gaslighting Dalam Hubunganmu

Mereka tidak senang dengan kebahagiaanmu dan karena itu mereka menyatakan bahwa kamu sengsara. Meskipun pelaku gaslighting mengatakan bahwa peduli dengan kita, hal itu bisa berbanding terbalik dengan apa yang dilakukannya. Beberapa orang secara konsisten mengandalkan gaslighting sebagai taktik untuk mempertahankan kendali dalam pernikahan.

Kamu akan menebak-nebak realitas diri sendiri sampai pada titik di mana merasa kehilangan jati diri. Hal yang paling merusak dari gaslighting adalah membuatmu sulit percaya diri. Pelaku gaslighting akan sering mengatakan suatu kebohongan dengan wajah dan nada tidak bersalah.

Apa itu gashlighthing

Hingga akhirnya, si korban ketergantungan dengan pelaku, baik dalam hal pemikiran maupun perasaan. Pertama kali aku denger fenomena gaslighting ini waktu kasus selebgram yang ngunggah art work orang lain tanpa ngasih kredit. Menurut aku gaslighting ini bisa disebut pelecehan psikis karena berupa perilaku berbohong Togel HK dan memanipulasi seseorang secara psikologi sampai mereka mempertanyakan kewarasannya dan menerima realitas orang lain. Inilah yang terjadi jika ada tindakan gaslighting dalam interaksi Mama dan anak. Dalam kasus gaslighting, ini dianggap menjadi bentuk pelecehan emosional yang memanipulasi perasaan dan realitas anak.

Marah, frustasi, khawatir, sedih, takut, dan perasaan lainnya bisa kamu rasakan dalam waktu bersamaan. Maka dari itu, penting untuk ambil jarak sementara waktu agar tetap tenang. Hal ini bisa membantumu untuk mengontrol emosi dan fokus untuk mencari jalan keluar. Pada mulanya, istilah gaslighting berasal dari sebuah drama dan movie yang berjudulGaslight. Dalam film tersebut, seorang suami yang begitu licik diperankan oleh Charles Boyer.

Kekasih, teman, orang asing yang baru pertama kali ditemui, bahkan keluarga pun berpotensi menjadi pelaku gaslighting atau yang disebut juga gaslighter. Dan perhatikan bahwa pelaku gaslighting seringkali akan memulai dengan sesuatu yang benar bahwa Anda mungkin sangat sensitif untuk meyakinkan diri Anda. Seorang rekan kerja, misalnya, yang mencoba meyakinkan bahwa Anda tidak bekerja dengan baik di kantor mungkin memunculkan fakta bahwa Anda mengeluh sepanjang waktu tentang menopause yang membuat Anda merasa buruk. Pelaku gaslighting terkenal karena menyangkal bahwa mereka melakukan kesalahan.

Ini adalah salah satu hal berbahaya yang dilakukan seseorang yang melakukan gaslighting – kebohongannya dilakukan secara bertahap dari waktu ke waktu. Mereka cenderung berbohong akan berbagai macam hal, melontarkan komentar-komentar sinis yang membuat sakit hati. Bahkan, kamu yang logis sekalipun bisa terjebak di dalam tipuan seseorang yang gaslighting. Perlakuan ini dilakukan secara perlahan-lahan supaya kamu nggak sadar bahwa dirimu telah ditipu. Berdasarkan pengertiannya, gaslighting jelas tidak boleh dianggap lumrah antar pasangan, karena kekerasan mental adalah bentuk lain dari kejahatan.