Lakukan 5 Cara Ini Untuk Menghindari Gaslighting Dalam Hubungan

Kamu akan semakin rentan terhadap gaslighting jika memiliki isu kesmen yang dapat melemahkan pertahananmu. Film ini menceritakan tentang kisah seorang suami yang memanipulasi istrinya hingga istrinya tidak dapat mempercayai dirinya sendiri. Memberi anak ruang untuk mengekspresikan dan memahami emosi, memberikan dasar yang dibutuhkan untuk menjadi sehat secara psychological.

Hal ini adalah bentuk ilusi dengan tujuan mempengaruhi pikiran pasangan. Sehingga saat ada suatu kebohongan yang besar dan fatal, pasangan menjadi bingung memutuskan itu benar atau Situs Bola Online tidak. Tulisan yang diunggah pada 18 Maret 2020 itu menceritakan bagaimana sang pria melakukan pelecehan seksual selama dua tahun berpacaran hingga membuat si wanita hamil empat kali.

Apa itu gashlighthing

Maka dari itu, kita perlu mengenali tanda-tanda orang yang melakukangashlighting. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki hak yang harus dipenuhi dan orang lain harus menghargai hak kita. Jika seseorang telah melanggar hak tersebut, kita harus berani untuk membela diri. Ketahuilah bahwa tiap orang berhak untuk bahagia, dihormati, menentukan prioritasnya, mengungkapkan pendapat, mengatakan tidak tanpa merasa bersalah, menjaga dan melindungi dari ancaman fisik dan psychological. Ini adalah taktik paling efektif dari gaslighting karena sifatnya merendahkan.

The Journal of Perinatal and Neonatal Nursing menyebutkan gaslighting sering terjadi dalam sebuah hubungan pacaran dan pernikahan, tetapi tidak jarang terjadi dalam hubungan pertemanan maupun dalam keluarga. Pertama dan terpenting, nggak disarankan untuk berbicara dengan pasangan tentang perilaku gaslighting. Karena dia akan memberi tahu kita bahwa apa yang kita lihat bukanlah apa yang sebenarnya kita lihat. Bergen mengatakan, dalam beberapa kasus, gaslighting adalah cara untuk mencoba menjaga seseorang di dalam sebuah hubungan.

Jika menemukan tanda-tanda hubungan gaslighting, beranikan diri untuk segera meninggalkan pasangan. Pada kondisi yang lebih ekstrim, gaslighter ingin mengendalikan dan mendominasi dari pasangan dalam sebuah hubungan. Misalnya si gaslighter mulai bersikap posesif, mulai mengancam, dan melakukan kekerasan jika kamu tidak menuruti apa yang dia kehendaki. Sering kali kebohongan itu hanya masalah sederhana yang kerap dibesar-besarkan. Tapi kalau dilakukan terus menerus dan berulang-ulang, bukan tidak mungkin akhirnya membuatmu bingung. Misalnya, perkara tidak menelepon atau memberi kabar karena belajar kelompok, padahal sebenarnya dia bermain recreation on-line.