Honda Group

Kami beranggotakan 2.359 komunitas adat di seluruh Indonesia yang berjumlah sekitar 17 juta anggota individu. Masyarakat Adat memiliki kedaulatan atas tanah dan kekayaan alam, kehidupan sosial budaya yang diatur oleh hukum adat, dan lembaga adat yang mempertahankan keberlanjutan kehidupan mereka sebagai komunitas adat. Salah satu kegiatan ABHI adalah gerakan penyaluran bantuan perlengkapan sekolah Situs Bola Online untuk anak-anak pelosok daerah yang membutuhkan. Bukan hanya itu, ABHI juga peduli dengan lansia dan masyarakat menengah ke bawah. Menurut Ketua Ultras Victory, Nyongki Asadoma mengatakan, banyak warga yang terdampak dalam badai Seroja sehingga sebagai warga Diaspora yang berada diluar Nusa tenggara timur bergandengan tangan ikut andil mennantu meringankan beban para korban bencana.

Army Indonesia peduli bencana

Dari sixteen fanbase Kpop yang berkumpul, sebanyak 45 ribu orang sukses menghasilkan whole donasi sebesar 1,4 miliar di salah satu aplikasi penggalangan dana sosial. Dana yang terkumpul tersebut disalurkan ke berbagai wilayah di Indonesia untuk dibelikan makanan dan kebutuhan sehari-hari para korban bencana. Kali ini, aksi galang dana bencana untuk Indonesia dilakukan dalam skala besar. Ada sekitar sixteen fanbase dari berbagai grup Kpop yang bersatu membuka donasi sosial buat masyarakat terdampak bencana di berbagai wilayah Indonesia. Pada 2018 lalu misalnya, K-Popers terlibat dalam beberapa aksi penggalangan dana melalui KitaBisa seperti ‘Aksi Kpopers Indonesia Peduli Sulawesi Tengah’ dan ‘K-Pop Fandom Peduli Gempa Donggala & Palu Sulteng’.

Sebanyak 750 kantung kurban sudah didistribusikan untuk masyarakat yang membutuhkan di area Jakarta, Depok, dan Bogor. Dari bantuan yang disalurkan, ABHI berharap bisa memberikan bantuan perlengkapan sekolah ke pelosok dengan harapan para pelajar yang tidak mampu bisa semakin semangat belajar. Melalui siaran TV pemerintah, pasukan keamanan disebut menggunakan senjata anti huru-hara untuk membubarkan kerumunan “orang-orang teroris yang kejam” yang menghancurkan trotoar. Diketahui, dari total 14 warga sipil yang tewas pada hari Senin, Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik mengatakan setidaknya delapan orang tewas di distrik Dagon Selatan, Yangon. Mereka hadir memberikan bantuan sembako yang akan dibagikan melalui para tokoh Agama.

Seperti dituturkan dilaman Lilis selaku perwakilan SWAT mengungkapkan bahwa korban musibah longsor masih membutuhkan uluran tangan kita yang berupa terpal, selimut, seragam sekolah dan tikar. Selain sejumlah dana, anggota SWAT dan Komunitas Honda Sonic ini juga menyerahkan bantuan berupa Sembako, pakaian, pempers, obat-obatan juga peralatan mandi dan cuci. Semoga saja hal ini menjadi pelajaran bagi semua penggemar idol KPop agar selalu bersikap sopan dan jangan menjelekkan fandom ataupun idol KPop lainnya.

Melihat bagaimana kita memiliki gerakan kolektif, saya berharap kita juga bisa melakukan hal yang sama untuk keadilan iklim. Untuk mencegah dampak apapun dari perubahan iklim di masa depan, kita perlu melakukan aksi iklim sekarang,” ucap Nurul dalam keterangan pers yang diterima Eventori, Kamis (28/1). Nurul Sarifah, salah satu pendukung Kpop4Planet, mengajak para penggemar bersama-sama bergerak untuk mencegah dampak perubahan iklim. Kemudian fanbase ‘EXOL Indonesia’ telah mengumpulkan lebih dari 260 juta rupiah, dan fanbase lainnya yang menjadi bagian dari penggalanga dana ‘Solidaritas untuk Korban Bencana’.

Sacara organisasi AMAN langsung mengambil inisiatif untuk membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena dampak gempa dan tsunami. AMAN kini telah mulai menggalang donasi serta telah menyusun strategi dan menyiapkan relawan yang sangat siap turun ke lapangan. Konser yang menghadirkan sekira 20 lagu itu dibuka dengan monolog Maudy Ayunda. Sang pelantun “Perahu Kertas” berbicara soal bencana alam di Indonesia, mulai dari tsunami di Aceh hingga Palu dan Donggala. Badai seroja yang menewaskan ratusan orang dan meluluh lantakan bangunan rumah warga tempat ibadah, kantor pemerintah dan swasta merusak infrastruktur jalan dan jembatan serta fasilitas para nelayan hingga saat ini masih mengharpkan bantuan dari berbagai pihak. Mereka berharap dapat menyalurkan kepada warga yang benar-benar terkena dampak badai seroja untuk meringan Beban para korban.

Di tempat lain, Armyteamkalsel salah satu fandom BTS di Indonesia, mengatakan bahwa donasi yang mereka lakukan adalah bentuk kepedulian terhadap sesama. Di Indonesia, ARMY berhasil menggalang dana hingga Rp 500 juta dalam waktu tiga hari, dan terus bertambah hingga saat ini. “Para penggemar telah terinspirasi oleh sumbangan dan pekerjaan sukarela yang sering dilakukan para idola mereka. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh anggota Super Junior, Siwon Choi, yang menjadi duta UNICEF. Kami baru melakukan aksi kecil seperti mengumpulkan sampah dan menggerakan aksi 3R,” katanya.