@blue_uripurple Bersama Military Indonesia Peduli Lansia

Donasi tersebut akan disalurkan untuk membantu korban banjir di Kalsel, Manado dan Bogor , gempa di Majene, longsor di Sumedang, dan erupsi Semeru. Lewat @BTSARMYINA_PROJ, mereka bikin galang dana bantu korban banjir Kalsel & gempa Sulbar. Untuk mencegah dampak apa pun dari perubahan iklim di masa depan, kita perlu melakukan aksi iklim sekarang,” ujarnya, mengutip dari siaran pers yang diterima SINDONEWS. Kpop4planet adalah komunitas penggemar K-pop yang aktif mengampanyekan keadilan iklim di jagat media sosial. Liputan6.com, Jakarta – Para penggemar boyband BTS di Indonesia menggalang dana lewat situs Kitabisa.com. Meski sering dipandang sebelah mata, tetapi solidaritas fanbase Kpop terhadap bencana yang terjadi tidak perlu diragukan lagi.

Reuters pada Rabu mencatat, awal Juni 2020, para ARMY di Amerika Serikat menaruh energi mereka di balik kampanye daring #MatchAMillion untuk mengumpulkan dana untuk tujuan keadilan sosial di Amerika Serikat. BRI Peduli memberikan bantuan senilai Rp 50 juta dalam bentuk makanan siap saji, sembako, survival package, dan biskuit. BTS dan penggemar EXO (EXO-L) masing-masing berhasil mengumpulkan donasi hingga lebih dari Rp600 juta dan Rp200 juta. Beritajatim.com adalah media online berbasis di Surabaya dan fokus untuk wilayah Jawa Timur. Salah satu admin dari ELF Indonesia mengungkapkan jika gerakan sosial ini terinspirasi dari kegiatan kemanusiaan yang sering dilakukan oleh para idola dan mereka ingin melakukan hal yang sama.

Bantuan bukan hanya meringankan penderitaan mereka tapi juga dapat memberikan semangat agar tidak putus asa dan bisa memperkuat kondisi fisik dan mental para korban,” jelas Gilang. Jakarta – Para Slot Online Terpercaya penggemar boyband BTS di Indonesia menggalang dana lewat situs Kitabisa.com. Donasi tersebut ditujukan untuk membantu para korban gempa di Majene-Mamuju, Sulawesi Barat, dan korban banjir di Kalimantan Selatan.

Army Indonesia peduli bencana

Sementara itu, Arendeelle yang menjadi administrator utama fandom Super Junior yaitu Elfindonesiacom, juga mengatakan bahwa gerakan kemanusiaan yang dilakukan oleh Kpopers ini terinspirasi dari kegiatan kemanusiaan yang sudah banyak dilakukan oleh idola mereka. Tidak hanya itu, mereka juga mengatakan aksi pengumpulan dana ini juga ingin mematahkan stereotip negatif publik terhadap Kpopers. Arendeelle, yang menjadi administrator utama fandom Super Junior Elfindonesiacom, juga mengatakan bahwa gerakan kemanusiaan yang dilakukan oleh K-popers ini terinspirasi dari kegiatan kemanusiaan yang sudah banyak dilakukan oleh idola mereka. Saat ini, menurut salah satu inisiasi dari @btsarmyina.project yaitu Febie Gusfa, jasa relawan untuk menyalurkan donasi masih dibutuhkan. Usut punya usut, pantangan tersebut juga ditaati oleh seluruh pengusaha makanan di sana, sehingga mustahil kita bisa menemukan warung makan yang menyediakan hingga warung nasi goreng di wilayah tersebut.

Menurut sebagian ARMY, pencapain ini menunjukkan menjadi penggemar BTS lebih dari sekadar membeli album. Tetapi juga menggambarkan bagaimana basis penggemar meluas ke demografi yang lebih senior, generasi yang mengerti internet dan mampu memanfaatkan kekuatan media sosial. Dalam peluncuran gerakan “Bergerak Bersama Selamatkan Bangsa” pada Senin (18/01), Ibnu menguatkan dan mengajak masyarakat untuk bersama menghadapi bencana yang terjadi. “Atas nama para penerima manfaat dan DT Peduli, saya mengucapkan terima kasih untuk tim Olymp Trade atas bantuan mereka.” Oleh karena itu, nggak heran kalau fanbase Kpop menjadi garda terdepan dalam melakukan aksi sosial. Bahkan, fanbase Kpop termasuk kumpulan penggemar dengan massa terbesar dan cukup masif pergerakannya.

Menurutnya, pengiriman bantuan menuju Mamuju sudah dilakukan beberapa kali dari berbagai daerah. Pesawat tersebut juga sempat digunakan untuk mengangkut pengungsi untuk keluar dari Mamuju. “Tingkat kesulitan yang tinggi dalam melakukan pertolongan, diharapkan mampu diatasi dengan bantuan dari para pemangku kepentingan di tingkat pusat dengan mengerahkan kapal-kapal ke lokasi-lokasi bencana,” ujarnya.